Digital Marketing Tangerang - Digital Marketing Bisnis

Digital Agency Tangerang - Pengertian dan Tujuan dari Key Performance Indicator

Secara singkat pengertian KPI adalah indikator atau acuan setiap perusahaan dalam mengukur kinerja para personelnya. Tujuannya tentu mengetahui seperti apa kinerja perusahaan dan elemen pentingnya di dalamnya. Dengan adanya KPI, perusahaan juga dapat menentukan, merencanakan, dan memutuskan seperti apa strategi serta langkah yang diambil perusahaan ke depannya.
Indikator yang digunakan setiap perusahaan pastinya berbeda-beda, namun tetap pada tujuan yang sama yaitu mengetahui level kinerja sudah di tahap apa. Setiap perusahaan harus memperhatikan 3 hal penting dalam menentukan KPI untuk digunakan di perusahaan terkait. Berikut 3 hal yang dapat diterapkan:



.        - Target, digunakan sebagai tujuan utama dari penentuan indikator yang sesuai dengan perusahaan.
2.    -   Leading Indicator, digunakan untuk mengetahui gambaran dan kemungkinan hasil ke depannya.
3.    -  Lagging Indicator, digunakan untuk mengetahui progres atau berjalannya target.

Tiga hal ini bisa dicontohkan dengan beberapa contoh seperti seseorang yang ingin menurunkan dan mengetahui berat badannya, bisa menggunakan timbangan dan melihat hasil berupa angka yang ditunjukan. Hasil timbangan ini disebut lagging indicator.

Sementara leading indicator pada contoh tadi adalah komponen-komponen pendukung yang harus diperhatikan seseorang dalam mencapai penurunan berat badan sebagai target. Seperti contoh jumlah kalori yang dibutuhkan, pengurangan kalori, dan indikator lainnya. 
Karakteristik KPI yang Sesuai - Digital Agency Tangerang 

Dalam menentukan KPI yang sesuai dan tepat dengan situasi perusahaan, beberapa karakteristiknya perlu diperhatikan. Hal ini dilakukan agar penggunaan KPI bisa seefektif mungkin diterapkan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa karakteristik yang harus diperhatikan pada sebuah KPI:
Peningkatan pencapaian sesuai target dapat dilakukan dengan pembuktian secara objektif.
Hal-hal esensial yang dapat memberikan informasi penting ketika akan membuat keputusan, harus diukur secara baik dan benar.

Menggunakan data pembanding untuk mengetahui setiap progres dan perubahan yang tengah berjalan.
Mampu mengukur efektivitas, kualitas, efisiensi, ketepatan waktu, pengaturan, perilaku, kepatuhan, kinerja proyek, kinerja anggota, ekonomi, serta pemanfaatan sumber daya.
Mampu menggunakan leading dan lagging indicator secara seimbang dalam mencapai target.
Menggunakan Objek yang Diukur
Sebuah KPI yang digunakan oleh perusahaan, harus disertai dengan objek yang dijadikan ukuran KPI. Berikut contoh objek beserta penjelasannya:

Risiko: Dalam hal ini resiko-resiko yang dapat menganggu, memperlambat, hingga membahayakan setiap pencapaian target.
Personel: Objek ini fokus mengukur setiap skill, performa, hingga perilaku karyawan yang dapat memengaruhi setiap pencapaian target.
Project: Hal ini mengacu pada keefektifan program atau proyek yang sedang berjalan.
Operasional: Objek ini fokus pada hal-hal yang sifatnya operasional harian, strategi, gambaran produk, peningkatan produktivitas, pembuatan keputusan, dan lain-lain.
Strategis: Hal ini mencakup kapasitas perusahaan dalam soal keuangan, proses internal, hingga konsumen

5 Unsur yang Harus Ada pada KPI - Digital Agency Tangerang 

Dalam menentukan sebuah key performance indicators yang dapat digunakan oleh perusahaan, sebaiknya harus memerhatikan 5 unsur penting di dalamnya. Berikut penjelasannya:
Input: Jumlah sumber daya yang digunakan untuk mencapai target meliputi jenis, kuantitas, dan kualitas sumber daya.

Proses: Aktivitas yang dijalankan atau dilalui untuk mencapai hasil yang diinginkan secara konsisten, efisien, dan efektif.

Output: Seberapa banyak hasil yang dikeluarkan dalam mengukur setiap kinerja yang dilakukan dengen menggunakan sumber daya.

Dampak: Fokus pada hasil akhir yang dicapai dengan peningkatan, perubahan, dan penambahan target.

Proyek: Fokus pada keadaan dan progres program atau proyek yang berlangsung.

Metrik Umum pada Key Performance Indicators
Perusahaan yang menerapkan KPI pada sistem kerja mereka akan menggunakan ukuran-ukuran tertentu. Di mana hal tersebut, dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui hasil dari KPI. Ukuran ini disebut dengan metrik yang merupakan alat ukur untuk proses KPI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Digital Agency Tangerang – Kegunaan Keyword Bagi Pengguna Internet

Digital Agency Tangerang - Perbedaan Fanpage dan Profil Facebook

Digtal Agency Tangerang – Tiga Jenis Bisnis Menguntungkan Nyaris Tanpa Modal