Digital Agency Tangerang - Manfaatkan Sosial Media Sebagai Promosi Bisnis Kuliner

Digital Agency Tangerang - Sosial media menawarkan banyak cara untuk mengembangan sebuah bisnis, termasuk juga bisnis kuliner. Pun begitu halnya dengan cara promosi dalam bisnis kuliner yang mana sekarang ini sebelum makan orang-orang ajan mengambil gambar makanannya lebih dulu lalu menguploadnya di sosial media mereka.

Menurut perusahaan Digital Agency Tangerang, yakni The Conversion, dampak perkembangan digital lebih banyak terjadi di level bisnis dibandingkan urusan mengolah makanannya. Karenanya, pemanfaatan sosial media seperti Instagram jadi sangat digemari.

Bahkan, menurut beberapa pengamat bisnis kuliner dan food blogger, tempat makan yang masih menggunakan promosi konvesional cenderung tidak akan bertahan lama karena enggan mengikuti perkembangan kegiatan pemasaran digital ini.


Sebenarnya, secara keseluruhan, jika Anda memiliki usaha, baik online maupun offline, mencari dan menemukan target maupun pembeli menjadi salah satu hal yang sulit. Namun, kemungkinan besar bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan sosial media sebagai sarana promosi, pun begitu halnya dalam usaha yang bergerak di bidang kuliner.

Tidak hanya itu, sosial media juga secara tidak langsung dapat membantu Anda untuk mengembangkan serta memperluas usaha Anda hingga ke seluruh Indonesia bahkaan ke luar negeri. Jadi, kenapa Anda perlu memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan usaha kuliner?

  • Mengenal Pelanggan Lebih Dekat

Kunci sukses dalam sebuah usaha adalah mengenal pelanggan lebih dekat. Dengan memiliki sosial media khusus untuk usaha, maka proses pengenalan pun akan menjadi lebih mudah.

The Conversion, perusahaan Digital Agency Tangerang menyarankan Anda untuk menggunakan tools pendukung, seperti Facebook Insight untuk mempelajari bahasa dominn yang diucapkan antara pengguna sosial media berdasarkan usia maupun jenis kelamin.

Informasi ini bisa membantu Anda dalam proses branding dan promosi kepada target yang tepat. Dalam menggunakan sosial media pun, Anda harus bisa melihat tren usia pengguna masing-masing sebagai acuan dalam memilih channel promosi hingga pembuatan konten yang dapay menarik target konsumen Anda.

  • Mendengarkan Keinginan Pelanggan

Feedback yang positif maupun negatif dari pelanggan merupakan salah satu hal penting yang dapat meningkatkan kualitas usaha yang Anda rintis menjadi semakin baik.

Melalui sosial media, Anda bisa menerima feedback dari pelanggan dengan lebih cepat. Karena umumnya mereka akan mengirimkan komentar dalam sebuah postingan maupun mengirimkan irect message secara langsung.

Karena itulah, dengan menanfaatkan sosial media, Anda juga bisa  mengetahui apa saja yang pelanggan inginkan serta butuhkan. Sosial media pun bisa menjadi salah satu alat untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk maupun jasa yang Anda miliki.

  • Fast Response

Setelah pelanggan memberikan respon melalui sosial media, sebagai pemilik bisnis, Anda wajib menanggapi dan membalas feedback dengan baik dan cepat. Jika dahulu pelanggan hanya mengeluh melalui telfon saja, kini mereka dapat menyampaikannya melalui sosial media.

Namun sayangnya, perusahaan Digital Agency Tangerang, yakni The Conversion mengatakan bahwa kebanyak pengusaha hanya fokus untuk menjawab kelihan hanya melalui telepon saja dan mengabaikan keluhan pada sosial media.

Padahal, keluhan pada sosial media dapat dibaca dengan cepat oleh pelanggan lain yang mengikuti sosial media usaha Anda. Jadi, jangan pernah abaikan satupun komentar pada sosial media dan cobalah buat SOP dalam penanganan keluhan serta pertanyaan melalui sosial media.

  • Melihat Persaingan Pasar

Melalui sosial media, Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi dari kompetitor atau pesaing. Dari inforasi yang didapatkan tersebut, Anda bisa menganalisa informasi tersebut untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan kompetitor untuk meningkatkan strategi pemasaran.

Untuk itu, cobalah untuk memperhatikan followers kompetitor dan lihat bagaimana cara memasarkan produknya. Dengan bekal informasi tersebut, Anda bisa lebih mudah dalam membuat strategi dan rencana pemasaran hingga mengembangkan konten yang sesuai dengan target.

Selain itu, Anda juga bisa membuat konten promo digital dengan membagikan referal code atau membuat kegiatan digital seperti kontens foto atau kuis untuk menarik serta meningkatkan daya saing pasar.

Manfaat sosial media untuk bisnis, khususnya bisnis kuliner bisa membuat biaya marketing atau pemasaran Anda menjadi lebih hemat. Selain itu, melalui sosial media, The Conversion, perusahaan Digital Agency Tangerang mengatakan bahwa Anda juga bisa lebih cepat mengenal siapa pelanggan dari bisnis Anda.

So, sudah siapkah Anda untuk mengelola akun sosial meida untuk bisnis?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Digtal Agency Tangerang – Tiga Jenis Bisnis Menguntungkan Nyaris Tanpa Modal

Digital Agency Tangerang – Kegunaan Keyword Bagi Pengguna Internet

Digital Agency Tangerang - Perbedaan Fanpage dan Profil Facebook